VIDEO: Jawa Nur Alam, Gadis Pemain Biola dari Surabaya di Festival Internasional

VIDEO: Jawa Nur Alam, Gadis Pemain Biola dari Surabaya di Festival Internasional

Inilah video gadis berusia 9 tahun yang sedang menggendong anak kecil, tengah bermain biola. Gadis kecil sederhana ini bernama Jawa Nur Alam, asal Kalijudan Mulia, Surabaya, Jawa Timur.

Video ini dibuat 3 tahun lalu, tetapi baru viral sekarang. Kini Jawa sudah berusia 12 tahun. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini, mengenal dan mulai belajar biola sejak berusia 8 tahun. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 11 September 2020.

Meski terbatas secara ekonomi, tetapi tak mematahkan semangatnya bermain biola. Awalnya Jawa belajar dengan meminjam biola milik gurunya, tetapi kini Jawa sudah memiliki lima biola, hasil dari menabung.

Sehari-hari Jawa senang berlatih memainkan biola di halaman belakang rumah. Sejumlah lagu telah mahir ia mainkan, dari musik klasik hingga lagu nasional.

Menurut ayahnya, Sugeng Mulyono, tak ada bakat seni musik mengalir di sejarah keluarga. Sugeng sendiri hanya seorang pelukis yang kini juga sudah berhenti melukis.

Meski begitu, Jawa mampu menunjukkan keahliannya bermain biola, hingga akhirnya mendapat tawaran untuk mengikuti festival biola internasional, (The Violin Doc International Online Festival) yang digelar secara daring pada 15 Agustus lalu. Dalam festival ini, Jawa mendapatkan penghargaan dan beasiswa dari Jerman.

"Jawa itu sudah didaftarkan sama Prof Florin, dari profesor biola dari Spanyol itu sudah didaftarkan, jadi terpaksa ikut, walaupun tidak mumpuni kameranya dipaksa harus ikut, terpaksa ya pakai hape apa adanya, dan syukur sekali bahwa dapet penghargaan khusus," ujar Ayah Jawa, Sugeng Mulyono.

Selain berlatih bermain biola dan belajar, Jawa juga membantu sang ibu berjualan rujak dan gado-gado di warung kecil samping rumahnya. Meski dari keluarga kurang mampu, Jawa Nur juga berharap bisa terus bermain biola untuk membanggakan orangtua dan bangsa.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 September 2020, 10:10 WIB

Video Terkait

Spotlights