VIDEO: Satpol PP Magetan Gelar Tes Usap PCR COVID-19

VIDEO: Satpol PP Magetan Gelar Tes Usap PCR COVID-19

Klaster baru COVID-19 mulai bermunculan di Magetan, Jawa Timur. Setelah di salah satu pesantren daerah Desa Temboro, saat ini COVID-19 mulai merambah ke sejumlah instansi Pemkab.

Meluasnya penyebaran COVID-19 ini, diduga karena kurang patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 11 September 2020.

Usai ditemukan satu anggotanya yang terkonfirmasi positif COVID-19, semua petugas Sat Pol PP di Kabupaten Magetan, menjalani tes swab.

Selain petugas Pol PP, petugas Dinas Kesehatan kabupaten setempat, juga melakukan tes swab enam orang pegawai PDAM, yang kantornya bersebelahan dengan Kantor Satpol PP.

Tak hanya itu, sebanyak 29 pegawai di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, atau Kesbangpol setempat, juga di rapid test, setelah seorang pegawainya dinyatakan reaktif COVID-19.

Usai menjalani swab dan rapid test, semua pegawai diminta isolasi mandiri di rumah hingga hasil swab keluar. Sehingga, sementara waktu tiga instansi yakni, Kantor Sat Pol PP, Bakesbangpol, dan PDAM, ditutup sementara, dan tidak melakukan kegiatan apapun.

"Dari kronologis dengan adanya swab ini, karena dari satu anggota kami, kemarin melakukan rapid test ini, reaktif, dan setelah menunggu hasil swab, anggota kami positif, sehingga pada hari ini, dari sebagian anggota kami sebanyak 38 orang dilakukan swab oleh Dinas Kesehatan," ujar Chanif Tri Wahyudi, Kasat Pol PP Kabupaten Magetan.

Meluasnya penyebaran COVID-19 di Kabupaten Magetan, diduga akibat kurang patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan. Data pada Kamis 10 September 2020, ada penambahan 12 kasus positif di Magetan, hingga kasus COVID-19 berjumlah 285 orang, dengan 202 di antaranya sembuh, 70 pasien dirawat, dan 13 meninggal dunia.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 13 September 2020, 15:03 WIB

Video Terkait

Spotlights