VIDEO: 848 Ibu Hamil di Surabaya Jalani Tes COVID-19 Gratis

VIDEO: 848 Ibu Hamil di Surabaya Jalani Tes COVID-19 Gratis

Pemkot Surabaya terus berupaya memutus rantai penyebaran COVID-19, salah satunya dengan melakukan tes swab gratis dengan metode PCR bagi ibu hamil dengan usia kehamilan di atas 37 minggu.

Dari 848 ibu hamil yang di-tes swab secara berkala, sebanyak 97 di antaranya dinyatakan positif COVID-19. Pada Selasa pagi, ratusan ibu hamil dari berbagai kecamatan di Surabaya mendatangi Gelora Pancasila, Jalan Indragiri Surabaya, untuk melakukan tes swab gratis, yang dilakukan Pemkot Surabaya.

Upaya Pemerintah Kota Surabaya tersebut disambut positif para ibu hamil, karena bisa mendeteksi sejak dini, sehingga langkah perawatan dan antisipasi bisa segera dilakukan keluarga dan tim medis. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 26 Agustus 2020.

"Kata dokternya susah kalau buat nanganin ibu hamil kalau belum di-swab, kalau misalkan reaktif rujukannya ndak semua rumah sakit bisa," kata Suci Lindasari, Ibu Hamil Peserta Tes Swab.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriaditya Prajatara mengatakan, swab test bagi ibu hamil bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan janinnya. Apabila ditemukan ibu hamil yang terpapar COVID-19 segera dapat ditangani secara khusus sehingga upaya penyelamatan ibu dan bayi, bisa dilakukan semaksimal mungkin.

"Adanya test swab ini kepada ibu hamil, sebagai langkah untuk melakukan penanganan, seperti apa nantinya ketika ibu hamil ini mau melahirkan," ujar Febriaditya Prajatara, Kabid Humas Pemkot Surabaya.

Swab test khusus ibu hamil yang dilakukan seminggu sekali ini, diharapkan kondisi kesehatan ibu dan janinnya selalu terpantau dan terjaga dari paparan COVID-19. Sejauh ini, dari 848 ibu hamil yang menjalani tes swab berkala, terdapat 97 orang dinyatakan positif COVID-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 August 2020, 23:28 WIB

Video Terkait

Spotlights