VIDEO: 40 Warga Dinyatakan Reaktif dari Tes Cepat Massal di Surabaya

VIDEO: 40 Warga Dinyatakan Reaktif dari Tes Cepat Massal di Surabaya

Sebagai salah satu wilayah penyumbang tertinggi, warga terpapar COVID-19 di Jawa Timur, Surabaya terus melakukan upaya pencegahan penyebaran dengan menggelar rapid test atau tes cepat serta swab test (tes usap) massal.

Kamis siang di tiga titik lokasi di Dukuh Setro di RW01, RW02 dan RW03, Kecamatan Tambaksari, 500 warga menjalani tes cepat dan usap massal. Dari tiga lokasi tersebut, ada 40 warga yang dinyatakan reaktif dan sesuai protokol kesehatan, Dinas Kesehatan Surabaya langsung membawa 40 warga tersebut untuk menjalani tes usap.

"Yang reaktif yang sesuai dengan protokolnya kita setop, pisahkan mereka dengan yang lain, jadi yang reaktif kita arahkan untuk isolasi di hotel, sambil menunggu hasil swab-nya, mereka menunggu di hotel," ungkap Ridwan Mubarun, Camat Tambaksari Surabaya.

Sejauh ini, Jawa Timur adalah provinsi tertinggi jumlah kasus COVID-19. Hingga Kamis 23 Juli, tercatat 18.545 kasus COVID-19 di Jawa Timur, atau 21 persen dari total kasus COVID-19 di Indonesia.

Karena itu langkah-langkah pencegahan sekaligus pemetaan terus dilakukan oleh Pemprov Jawa Timur, beserta jajaran terkait. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 24 Juli 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 July 2020, 23:08 WIB

Video Terkait

Spotlights