VIDEO: Susah Sinyal, Guru SMA di Jombang Antarkan Soal Ujian Manual ke Rumah Siswa

VIDEO: Susah Sinyal, Guru SMA di Jombang Antarkan Soal Ujian Manual ke Rumah Siswa

Sejumlah guru dari Sekolah Menengah Atas (SMA) PGRI Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, harus melewati jalan yang curam pegunungan Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur pada Senin pagi.

Para guru rela mengantarkan soal ujian manual kepada lima orang muridnya yang tak bisa mengikuti ujian secara online atau daring.

Hal ini karena tak ada akses internet yang masuk ke desa para siswa tersebut. Karena lokasi rumah mereka yang berada di wilayah pegunungan.

Para guru mengaku rela mengantarkan soal ujian siswa ke rumahnya, sebagai bentuk tanggung jawab kepada siswa, yang tak bisa mengikuti ujian sistem daring di tengah pandemi COVID-19.

"Karena ini kita masih ujian pertama kali melalui online, jadi kita memastikan kepada siswa-siswa kami yang tentunya susah sinyal, jadi kita mengawasi mereka mengerjakan sendiri ataukah tidak, jikalau tidak ada sinyal, kami membawakan soal ke rumah anak-anak tersebut," ujar guru Else Putriana.

Sementara itu, siswa mengaku senang yang semua soalnya diantarkan langsung oleh guru. Sebab, mereka bisa menempuh ujian sebagai syarat kenaikan kelas.

Para siswa mengikuti belajar di rumah sejak beberapa bulan terakhir, kebijakan ini diambil oleh pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19. Demikian seperti dilansir pada Liputan6, 9 Juni 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 June 2020, 15:38 WIB

Video Terkait

Spotlights