VIDEO: Plt Bupati Sidoarjo Imbau Jangan Ada Stigma Negatif ke Pasien Sembuh COVID-19

VIDEO: Plt Bupati Sidoarjo Imbau Jangan Ada Stigma Negatif ke Pasien Sembuh COVID-19

Sebanyak 14 pasien PDP dan satu positif Corona COVID-19 di sejumlah rumah sakit rujukan Kabupaten Sidoarjo dinyatakan sembuh.

Dengan banyaknya pasien sembuh tersebut, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menjauhi, atau mempunyai stigma yang negatif terhadap pasien yang dinyatakan sembuh dari Corona COVID-19. Berikut simak pemberitaannya pada Fokus, 14 April 2020.

Pelaksana tugas (Plt), Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, saat ini pasien dalam pengawasan (PDP) di sejumlah rumah sakit rujukan Kabupaten Sidoarjo banyak yang sembuh. Ada sekitar 14 PDP, dan satu pasien positif telah dinyatakan sembuh oleh tim medis.

Mereka yang sembuh ini telah diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing untuk hidup secara normal. Meski sudah dinyatakan sembuh, menurut Nur Ahmad, tetapi masih ada saja berkembang stigma negatif tentang mereka. Sebab masyarakat takut tertular dari pasien yang telah sembuh.

Dari fenomena tersebut, Pemkab Sidoarjo menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menjauhi mereka yang berhasil sembuh dari Corona COVID-19, apalagi mempunyai anggapan negatif, sebab hal itu membuat kondisi di masyarakat semakin tidak kondusif.

"Harapan untuk sembuh sangat besar sekali, seperti saat ini yang sudah sembuh ada 15 yang PDP juga yang positif 1, informasi ini harus sampai kepada masyarakat," kata Nur Ahmad Syaifuddin, Plt Bupati Sidoarjo.

Selain itu Plt Bupati Sidoarjo berharap semua masyarakat harus mempunyai pandangan yang proporsional terhadap wabah COVID-19, pandemi ini menjadi masalah semua lapisan masyarakat, sehingga harus ditanggulangi bersama dengan semangat kemanusiaan dan gotong royong, sebagai saudara sesama Bangsa Indonesia.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 April 2020, 07:16 WIB

Video Terkait

Spotlights