VIDEO: Hanya 5 Jam, Hasil Tes Corona Covid-19 Keluar di LPT Unair Surabaya

VIDEO: Hanya 5 Jam, Hasil Tes Corona Covid-19 Keluar di LPT Unair Surabaya

Kementerian Kesehatan menunjuk Unair sebagai lembaga yang bisa melakukan tes virus corona baru atau Covid-19. Sebenarnya selama ini Unair telah menerima pemeriksaan spesimen untuk mengecek hasil tes Covid-19, secara informal dan hanya butuh waktu sekitar 5 jam.

Ketua Lembaga Penyakit Tropik (LPT) Unair, Inge Maria Lucida mengaku selama ini, sebelum ditunjuk secara resmi telah memeriksa 60 spesimen dugaan terpapar corona yang seluruhnya negatif.

Pengecekan di LPT Unair diklaim memakan waktu sekitar 5 jam. Relatif lebih cepat dengan pemeriksaan spesimen yang selama ini harus tersentralisasi di Balitbangkes Kemenkes yang membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 17 Maret 2020.

Sejatinya teknik pemeriksaan spesimen di LPT Unair serupa dengan yang ada di Balitbangkes Kemenkes, yakni menggunakan reagen (baca : rigen) asal Kobe University dengan teknik Polymerase Chain Reaction, atau PCR. Namun, karena harus tersentralisasi di pusat, membuat konfirmasi hasil pemeriksaan menjadi lebih lama.

Saat ini stok reagen untuk mengetes Covid-19 di LPT Unair cukup banyak. Setidaknya bisa digunakan untuk memeriksa 2.000 spesimen.

Dengan ditunjuknya LPT Unair sebagai lembaga yang bisa melakukan tes corona Covid-19, pihaknya berharap Unair juga memiliki kewenangan untuk mengumumkan hasil pemeriksaan, agar tidak membuat cemas pasien yang memeriksakan diri.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 18 March 2020, 12:12 WIB

Video Terkait

Spotlights