VIDEO: Pulang dari Hong Kong, Seorang Warga Dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr Iskak

VIDEO: Pulang dari Hong Kong, Seorang Warga Dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr Iskak

Rumah Sakit Dr Iskak Tulungagung mengisolasi seorang pasien suspect corona COVID-19. Pasien rujukan dari rumah sakit di Pacitan tersebut dirawat di ruang isolasi, karena baru pulang dari wilayah terpapar virus corona di Hong Kong.

Sementara itu, Rumah Sakit dr Soeroto, Ngawi, Jawa Timur memastikan jika seorang gadis asal Kecamatan Ngrambe, negatif corona. Pihak Rumah Sakit Dr Iskak, Tulungagung kembali merawat seorang pasien yang diduga mengalami gejala mirip corona di ruang isolasi. Pasien berjenis kelamin perempuan tersebut berusia 44 tahun, rujukan dari RSUD Pacitan, dan tiba di RSUD Dr Iskak pada Jumat malam.

Pasien tersebut mengalami demam, batuk dan pilek. Pihaknya melakukan Standar Operasional Prosedur (SOP), perawatan pasien penyakit menular, karena yang bersangkutan baru saja pulang dari salah satu wilayah terpapar virus corona, Hong Kong.

Saat ini pihak RSUD Dr Iskak telah mengambil sampel swap tenggorokan pasien untuk dikirim ke Laboratorium Balitbangkes, Kementerian Kesehatan di Jakarta. Uji laboratorium diperlukan, untuk memastikan penyakit yang dialami pasien.

Sementara itu, kepastian jika seorang gadis asal Kecamatan Ngrambe, Ngawi yang baru pulang dari Yogyakarta, dan memiliki riwayat pernah kontak dengan warga asing, negatif corona.

Kepastian tersebut diberikan oleh Yusniar Ramadhiana, dokter spesialis paru RSUD Dr Soeroto, Sabtu siang. Dari hasil serangkaian pemeriksaan, diketahui jika pasien hanya menderita ispa akut.

Karena stres dikatakan corona COVID-19, sejak dari Yogyakarta, dirinya enggan makan, sehingga saat ini kondisinya sangat lemah. Namun saat ini, kondisi pasien berangsur membaik, dan stabil.

Sebelumnya, perempuan berusia 20 tahun warga Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi terpaksa dirujuk dari Puskesmas Ngrambe ke RSUD Dr Soeroto, Ngawi untuk diisolasi lantaran dicurigai terpapar virus corona, setelah pulang dari Yogyakarta.

Sejak masuk Puskesmas, Kamis malam 12 Maret 2020, pasien mengalami gejala mirip suspect corona COVID-19, di antaranya demam tinggi. Demikian diberitakan pada Liputan6, 17 Maret 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 18 March 2020, 16:14 WIB

Video Terkait

Spotlights