VIDEO: Jamaah Tunggu Lampu Hijau dari Pemerintah Saudi untuk Umrah

VIDEO: Jamaah Tunggu Lampu Hijau dari Pemerintah Saudi untuk Umrah

Tidak adanya kejelasan keberangkatan umrah, terkait penutupan ibadah umrah oleh pihak Kerajaan Arab Saudi, dampak mewabahnya virus corona, Rabu siang, calon jamaah umrah kembali mendatangi biro umrah untuk menanyakan kepastian keberangkatan ke tanah suci.

Sementara dari pihak travel umrah belum bisa memastikan kapan bisa kembali memberangkatkan calon jamaah umrah yang sudah mendaftar, karena menunggu dari Pemerintah Arab Saudi dalam hal ini Saudi Arabian Airlines.

Calon jamaah umrah asal Surabaya, Arifin dan keluarga sudah beberapa kali menanyakan kejelasan keberangkatan ibadah umrah yang seharusnya berangkat pada Minggu lalu.Arifin mengaku persiapan jelang berangkat sudah 90 persen bahkan keluarganya telah mengadakan selamatan dan berangkat ke bandara.

Namun, karena kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang menutup kedatangan warga dari berbagai negara untuk ibadah umrah, Arifin beserta empat anggota keluarganya harus kembali pulang sambil menunggu informasi kepastian keberangkatan dari pihak biro travel. Meski sempat kecewa, Arifin dan keluarga kini hanya bisa pasrah sambil berharap bisa segera menunaikan ibadah umrah.

Sementara itu, Muhammad Ramli, Direktur agen travel umrah dan haji mengaku kesulitan pasca kebijakan penutupan ibadah umrah oleh Kerajaan Arab Saudi.

Pihaknya harus mengatur jadwal keberangkatan kembali jamaahnya, serta kontrak kerjasama dengan perusahaan terkait. Pihaknya juga belum bisa memastikan kapan keberangkatan 200 orang calon jamaah umrah yang sudah mendaftar, karena masih menunggu informasi dari jadwal penerbangan pesawat ke Arab Saudi.

Sebelumnya, merebaknya virus corona di berbagai negara, pihak Kerajaan Arab Saudi terpaksa harus menutup pintu masuk bagi calon jamaah umrah dari berbagai negara termasuk dari Indonesia untuk mencegah penularan. Akibat penutupan akses masuk jamaah umrah tersebut, sempat membuat resah calon jamaah umrah di tanah air. Demikian diberitakan pada Liputan6, (5/3/2020).

Ringkasan

Oleh Didi N pada 08 March 2020, 14:19 WIB

Video Terkait

Spotlights