VIDEO: Banjir Bandang Terjang Wongsorejo, Jembatan Terputus

VIDEO: Banjir Bandang Terjang Wongsorejo, Jembatan Terputus

Sebuah jembatan penghubung desa di Banyuwangi, Jawa Timur terputus setelah diterjang banjir bandang karena luapan sungai, pasca hujan lebat pada Rabu petang.

Akibat terputusnya jembatan ini, aktivitas warga menjadi terganggu. Warga pun harus berputar sejauh 3 kilometer untuk sampai ke dusun lainnya. Banjir bandang juga merendam 20 hektare lahan pertanian.

Hujan deras yang melanda beberapa wilayah di Banyuwangi, Jawa Timur pada Rabu petang menyebabkan banjir bandang, dan memutuskan sebuah jembatan penghubung antar dusun di Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo.

Akibatnya, aktifitas warga menjadi terganggu. Warga pun harus berputar sejauh 3 kilometer untuk mengakses ke dusun lainnya. Besarnya debit air di aliran Sungai Tempur saat hujan lebat membuat air dengan cepat menggerus pondasi jembatan, hingga akhirnya jembatan terputus.

Terputusnya jembatan ini membuat kendaraan, baik roda empat maupun roda dua tidak bisa melintasi, hanya bisa dilalui pejalan kaki melalui papan kayu yang dipasang warga.

Pihak Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Banyuwangi masih mendata kerusakan untuk proses pembangunan jembatan baru. Warga berharap secepatnya dibangun jembatan baru yang lebih kokoh dan lebih panjang. Berikut dilansir pada Liputan6, 6 Maret 2020.

Selain putusnya jembatan, tercatat ada sekitar 20 hektare ladang jagung, cabai, dan padi milik warga rusak akibat diterjang luapan air sungai yang bercampur lumpur tersebut. Warga pun mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah lantaran gagal panen karena banjir.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 07 March 2020, 21:30 WIB

Video Terkait

Spotlights