VIDEO: Pria di Lumajang Pakai Limbah Plastik untuk Melukis

VIDEO: Pria di Lumajang Pakai Limbah Plastik untuk Melukis

Jika kita bingung membuang atau bahkan memusnahkan limbah plastik karena sulit dalam proses penghancurannya, tapi tidak demikian bagi pemuda di Lumajang, Jawa Timur.

Berbagai macam limbah plastik makanan dan minuman justru disulap menjadi lukisan yang bernilai seni yang indah dan menghasilkan pundi rupiah. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 17 Februari 2020.

Beginilah keseharian Syaiful, pemuda berusia 32 tahun, warga Desa Rojopolo, Kecamatan Jatiroto, Lumajang. Setiap pagi dan sore rutin mengumpulkan berbagai macam limbah plastik dari tempat sampah maupun dari warung di sekitar rumahnya.

Syaiful yang sudah lama menekuni profesi sebagai seniman lukis, tergugah melihat banyaknya sampah yang berserakan di sekitar rumahnya. Apalagi sampah plastik ini merupakan jenis sampah berbahaya, yang butuh waktu ratusan tahun untuk hancur secara alami. Ia pun mencoba memadukan sampah plastik dengan keahlian seni lukisnya.

Hasil karyanya ini justru mampu memikat banyak pecinta seni lukis di Lumajang hingga luar kota dan pesanan lukisan limbah plastik terus berdatangan. Harganya pun bervariatif, satu lukisan karya Syaiful ini dibanderol dari harga Rp 200 hingga Rp 500 ribu, tergantung ukuran dan tingkat kerumitannya.

Kini, lukisan limbah plastik milik Syaiful tak hanya dijual kepada penggemar lukisan di dalam kota, tapi beberapa kolektor dari kota-kota di Jawa Timur juga banyak yang memesan lukisannya.

Nah, dari informasi tersebut membuktikan barang limbah sekalipun jika mampu didaur ulang menjadi karya yang berguna, tentu akan bernilai tinggi, dan mendatangkan rupiah.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 February 2020, 19:30 WIB

Video Terkait

Spotlights