VIDEO: Khawatir Corona, Mahasiswi Berjuang Pulang dari China Pakai Biaya Sendiri

VIDEO: Khawatir Corona, Mahasiswi Berjuang Pulang dari China Pakai Biaya Sendiri

Seorang mahasiswi asal Jember, Jawa Timur terpaksa pulang dari tempatnya menuntut ilmu di Jinan University, Guangzhou, China, lantaran virus corona yang terus merebak di negeri tirai bambu.

Bukan hal mudah, selain harus pulang dengan biaya mandiri, kepulangannya ke Indonesia juga harus melalui serangkaian pemeriksaan medis di beberapa negara transit sebelum masuk ke Indonesia.

Arofatul Uqufah, warga Tegalgede, Kecamatan Sumbersari, Jember, yang kuliah di Jinan University, Guangzhou, China ini berhasil pulang ke Indonesia. Sebelum memutuskan pulang, Arofatul sempat bertahan di asrama kampus.

Mahasiswi semester V ini juga tidak dapat bebas keluar masuk asrama, karena khawatir tertular virus corona. Susahnya mencari bahan makanan di China membuat Arofatul akhirnya memutuskan pulang kampung secara mandiri, bersama sejumlah mahasiswi lain asal Indonesia.

Namun, perjuangannya untuk pulang ke Indonesia tidaklah mudah. Setelah virus corona merebak, pemerintah setempat memang memberlakukan pengawasan ekstra ketat di bandara sebagai jalur keluar masuk wilayah China.

Serangkaian pemeriksaan medis harus dilakukan sebelum meninggalkan China. Bahkan di bandara transit pun, pemeriksaan medis kembali dilakukan, beruntung Arofatul lolos dari pemerikasaan medis, dan dinyatakan bebas dari viruscorona tersebut.

Orangtua sendiri awalnya tidak menginginkan anaknya pulang. Namun, karena virus corona semakin menyebar di China, sehingga membuat orang tua khawatir dan memintanya segera pulang ke Indonesia.

Sebelumnya Arofatul pulang bersama enam teman kuliahnya menggunakan pesawat dari Ghuangzou, China, lalu transit di Malaysia sebelum tiba di Jakarta dan landing di bandara Blimbingsari, Banyuwangi. Mereka pulang kampung dengan biaya sendiri, tanpa bantuan dari pemerintah. Demikian diberitakan pada Liputan6, 7 Februari 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 10 February 2020, 10:11 WIB

Video Terkait

Spotlights