VIDEO: Jurus TNI AL Mudahkan Evakuasi Pesawat Latih di Area Tambak Sidoarjo

VIDEO: Jurus TNI AL Mudahkan Evakuasi Pesawat Latih di Area Tambak Sidoarjo

Dengan cara memotong per bagian, Selasa malam, pesawat latih jenis Tobago T2405 milik TNI AL yang mendarat darurat di area tambak di Kecamatan Candi, Sidoarjo berhasil dievakuasi petugas.

Proses evakuasi berlangsung selama 8 jam, karena akses jalan sulit. Bagian pesawat langsung dibawa ke Markas Puspenerbal Juanda untuk pemeriksaan lebih lanjut, guna mencari penyebab matinya mesin pesawat. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 6 Februari 2020.

Proses evakuasi pesawat latih jenis Tobago T2405 milik Puspenerbal TNI AL Juanda yang mendarat darurat, di tambak milik warga Kecamatan Candi, Sidoarjo Jawa Timur, akhirnya dapat dievakuasi petugas dari Puspenerbal Juanda, Selasa malam.

Evakuasi pesawat latih ini, memakan waktu hingga 8 jam. Pesawat dapat dipinggirkan ke daratan kering pada Selasa siang, pukul 11.00, namun baru bisa diangkut menuju Markas Puspenerbal Juanda pada Selasa malam.

Sulitnya evakuasi, karena akses jalan menuju lokasi di Sidoarjo harus menggunakan perahu melalui jalur sungai. Selanjutnya bagian-bagian pesawat, termasuk mesin utama, sayap, roda, dibawa menuju Markas Puspenerbal Juanda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk mengetahui penyebab pasti matinya mesin, pada saat berlatih di wilayah udara Bangil, Pasuruan pada Senin siang kemarin.

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab matinya mesin pesawat ketika instruktur menggunakan modul auto pilot. Sementara itu instruktur beserta siswanya hanya mengalami luka ringan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 08 February 2020, 13:08 WIB

Video Terkait

Spotlights