VIDEO: Petani di Ngawi Berburu Hama Tikus hingga Tepi Jalan Tol Ngawi-Solo

VIDEO: Petani di Ngawi Berburu Hama Tikus hingga Tepi Jalan Tol Ngawi-Solo

Ribuan hektar padi milik petani di nam kecamatan di Ngawi, Jawa Timur rusak diserang hama tikus. Mengantisipasi semakin parahnya serangan hewan pengerat tersebut, puluhan petani membakar sarang tikus, dan berupaya membuat rumah burung hantu.

Perburuan terhadap hama tikus ini dilakukan petani Desa Gemarang, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Dengan membawa peralatan seadanya, mereka langsung membakar lubang tanah yang disinyalir sebagai sarang tikus. Hasilnya, puluhan tikus yang banyak bersarang di tanah pinggir jalan tol Ngawi-Solo berhasil ditangkap.

Berburu di areal tol, sebenarnya dilarang. Namun, petani tidak menghiraukan. Mereka bahkan sempat menjebol pagar kawat pembatas. Sebab di tempat ini ditemukan banyak sarang tikus yang menyerang padi berumur 30 hari yang baru saja ditanam membuat para petani geram.

Dinas Pertanian kabupaten setempat segera turun tangan mengatasi persoalan ini. Di antaranya memberi racun tikus kepada petani, dan berupaya membuatkan rumah burung hantu di lokasi.

Di Kabupaten Ngawi sendiri, hama tikus sudah menyerang tanaman padi milik petani di sejumlah desa di enam kecamatan, yaitu, Kwadungan, Padas, Paron, Kedunggalar, Widodaren, dan Mantingan. Serangan tikus, rata-rata berada di sepanjang bantaran jalan tol.

Berikut simak videonya pada Liputan6, 27 Januari 2020

Ringkasan

Oleh Didi N pada 29 January 2020, 18:30 WIB

Video Terkait

Spotlights