VIDEO: Jembatan Penghubung 3 Dusun di Bojonegoro Terputus, Warga Terisolasi

VIDEO: Jembatan Penghubung 3 Dusun di Bojonegoro Terputus, Warga Terisolasi

Hujan deras yang mengakibatkan banjir bandang, memutus sebuah jembatan penghubung antar desa di Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro.

Akibat peristiwa ini, sedikitnya 200 kepala keluarga atau sekitar 1.000 warga dari 3 dusun terisolir, sebab jembatan tersebut satu-satunya akses warga untuk keluar desa.

Jembatan yang putus ini berada di Dusun Mundu, Desa Nglampin, Kecamatan Ngambon, Bojonegoro. Pondasi bangunan ambruk membuat jembatan yang menjadi penghubung antar desa dan menuju kota ini, putus pada Rabu sore.

Sebelum jembatan putus, hujan turun sangat deras dan membuat banjir bandang di Desa Nglampin, termasuk di antaranya di anak sungai Gunung Kendil yang melewati desa itu. Kuatnya arus sungai, membuat pondasi jembatan tergerus, hingga ambruk. Berikut videonya pada Fokus, 27 Desember 2019.

Akibat peristiwa ini, sekitar 200 kepala keluarga atau seribuan jiwa di tiga dusun, yakni Dusun Mundu, Tamberan, dan Gondang Bojonegoro terisolir. Untuk beraktivitas, warga harus rela melintasi sungai, bahkan bergelantung di jembatan yang putus, namun hal ini tidak bisa dilakukan jika debit air sungai naik, karena arusnya cukup kuat.

Warga berharap ada bantuan dari pemerintah daerah untuk segera membuat jembatan darurat, agar masyarakat bisa beraktivitas, sekolah dan lainnya. Sebab jembatan ini merupakan akses satu-satunya warga untuk keluar desa atau menuju ke kota.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 December 2019, 12:00 WIB

Video Terkait

Spotlights