VIDEO: Polda Jatim Olah TKP Kecelakaan Beruntun Pasuruan

VIDEO: Polda Jatim Olah TKP Kecelakaan Beruntun Pasuruan

Ditlantas Polda Jawa Timur (Polda Jatim) melakukan olah TKP kecelakaan maut yang berujung tujuh korban meninggal dunia dan beberapa orang luka-luka.

Dugaan sementara kecelakan maut itu terjadi karena pengemudi truk trailer, tak dapat menguasai kemudinya di jalan menurun hingga menabrak lima kendaraan di depannya.

Anggota Team TAA ( Traffic Accident Analyst ) Ditlantas Polda Jatim, menggelar olah TKP lanjutan, insiden kecelakaan maut di jalur selatan Malang-Surabaya, Desa Sentul Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, pada Senin siang. Mereka melakukan pemindaian lokasi kecelakaan menggunakan sejumlah peralatan elektronik khusus.

Pemindaian dimulai dari titik awal truk mulai oleng, hingga titik dimana truk menabrak Gapura Desa Sentul. Berbeda dengan olah TKP sebelumnya yang dilakukan Minggu sore kemarin, olah TKP kali ini kondisi jalan di lokasi kejadian telah bersih dari bangkai kendaraan yang terlibat kecelakaan. Berikut seperti ditayangkan pada Fokus, 24 Desember 2019.

Setiap titik diberi tanda untuk memastikan detail insiden, dengan cara memberi tanda silang menggunakan cat. TAA juga menggunakan kamera udara untuk mengukur panjang dan luas lokasi insiden.

Dari olah TKP lanjutan ini, Ditlantas sementara menyimpulkan adalah kelalaian pengemudi truk trailer pengangkut excavator itu. Ia tak mampu menguasai kemudi di jalan menurun, dengan beban berat muatannya.

Selama proses olah TKP berlangsung, dua jalur dari arah Surabaya dan Malang ditutup total selama lebih 1 jam untuk kemudian dibuka kembali.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 25 December 2019, 23:28 WIB

Video Terkait

Spotlights