VIDEO: Apel Kesiapan Operasi Lilin Semeru 2019 Digelar di Mapolda Jatim

VIDEO: Apel Kesiapan Operasi Lilin Semeru 2019 Digelar di Mapolda Jatim

Jelang datangnya perayaan Natal dan Tahun Baru, berbagai persiapan pengamanan dilakukan pihak keamanan dari TNI maupun Polri. Kamis pagi, ribuan pasukan gabungan TNI-Polri menggelar apel pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 di halaman Mapolda Jatim.

Apel pasukan juga digelar ribuan personil gabungan dari Polresta bersama Forkopimda Kabupaten Banyuwangi yang dilanjutkan pemusnahan ribuan botol miras hasil Operasi Aman Semeru 2019.

Untuk persiapan pengamanan jelang hari Natal dan Tahun Baru 2019, ribuan petugas gabungan TNI-Polri, Polsuska, Petugas Damkar serta Dishub menggelar apel pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 di halaman Mapolda Jatim.

Dalam pengamanan Nataru 2019 ini, 15.000 pasukan disebar di seluruh titik-titik rawan keamanan di Jawa Timur. Polda Jatim dan jajaran telah melakukan berbagai persiapan di antaranya dengan meninjau persiapan seluruh gereja dan tempat wisata di Jawa Timur. Selain itu, sedikitnya 15 posko Tanggap Bencana telah disiagakan. Polisi juga melarang ormas-ormas melakukan sweeping.

Di Banyuwangi, ribuan personil dari unsur Kepolisian, TNI, dan Forkopimda setempat menggelar apel gabungan pengamanan perayaan Natal 2019, dan Tahun Baru 2020 di halaman parkir pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, Kamis siang.

Pada Natal dan Tahun Baru nanti, pasukan khusus disiagakan di sejumlah tempat yang rawan tindak kriminalitas, juga mengantisipasi kasus penyelundupan barang berbahaya seperti bom, narkoba, maupun barang berbahaya lainnya.

Usai apel, petugas memusnahkan ribuan botol miras berbagai merek, hasil Operasi Aman Semeru 2019. Berikut diberitakan pada Fokus, 20 Desember 2019.

Selanjutnya petugas gabungan juga mengecek kesiapan armada kapal ferry dan alat navigasi di Pelabuhan Penyeberangan Lintas Ketapang-Gilimanuk, Bali.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 23 December 2019, 23:00 WIB

Video Terkait

Spotlights