VIDEO: Presiden Jokowi Kunjungi Industri Petrokimia di Tuban

VIDEO: Presiden Jokowi Kunjungi Industri Petrokimia di Tuban

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, mengunjungi PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur, Sabtu kemarin.

Hadir dalam kunjungan ini Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama serta Menteri BUMN, Erick Thohir.

Dalam kunjungan ini, Jokowi meminta Pertamina menyelesaikan pusat industri petrokimia yang terintegrasi dengan kilang minyak ini dalam waktu tiga tahun.

Jika kilang ini sudah produktif secara maksimal, menurut Presiden bisa menghemat devisa negara sekitar USD 4,9 miliar atau sekitar Rp. 56 triliun.

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, saat ini Pertamina tengah menyelesaikan masalah pengadaan lahan, ada dua pilihan untuk menyelesaikan masalah ini.

"Kami masih memerlukan lahan, masih ada tambahan lahan yang diperlukan, ini ada dua opsi, apakah lahan yang milik warga ini akan dilanjutkan atau reklamasi, karena reklamasi sudah mendapatkan izin dari Menteri Perhubungan," kata Nicke Widyawati, Dirut Pertamina.

Kilang baru di Tuban memiliki kapasitas produksi 300 ribu barel per hari. Dengan adanya kilang ini diharapkan bisa menekan impor petrokimia sebagai bahan baku industri. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 22 Desember 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 23 December 2019, 10:50 WIB

Video Terkait

Spotlights