VIDEO: Warga Sidoarjo Sukses Budidaya Lobster Hias Air Tawar

VIDEO: Warga Sidoarjo Sukses Budidaya Lobster Hias Air Tawar

Peternak udang jenis lobster hias air tawar ini adalah Zulfikri warga Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Tidak hanya bentuk dan warna udang serta hasil yang menjanjikan, membuat Zulfikri menekuni budidaya yang tergolong langka.

Warnanya merah menyala, dan bentuk yang unik, menjadi idola penggemar hewan air tawar. Tak heran, udang hias milik Zulfikri menjadi salah satu ikon penghobi ikan hias untuk dijadikan pelengkap aquarium.

Dua jenis lobster hias yang banyak diminati yakni Red Claw dan Red Marlboro. Jenis Red Claw memiliki ciri badan hitam dengan supit merah, jenis ini selain untuk ternak hias, juga dikonsumsi sebagai makanan, sebab beratnya bisa mencapai 1 kg lebih.

Beternak lobster hias air tawar butuh ketelatenan, karena harus selalu memeriksa kondisi air, agar terhindar dari gangguan hama yang menjadi predator. Selain itu kebiasaan lobster air tawar ini yakni kanibal atau memakan lobster lain yang sedang berganti kulit harus selalu diwaspadai.

Meski hanya memiliki kolam berukuran 5x5 meter, disekat menjadi beberapa bagian. Berkat ketelatenannya Zulfikri menjadi salah satu pemasok besar lobster dan udang di pasar ikan Gunungsari Surabaya dan Sidoarjo.Untuk harga jualnya, seekor lobster bisa laku puluhan hingga ratusan ribu rupiah per ekornya. Berikut seperti diberitakan Fokus.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 November 2019, 11:11 WIB

Video Terkait

Spotlights