VIDEO: Cegah Abrasi, Mahasiswa Tanam Mangrove di Pantai Clungup

VIDEO: Cegah Abrasi, Mahasiswa Tanam Mangrove di Pantai Clungup

Ratusan mahasiswa di Malang, Jawa Timur, menanam bibit mangrove di area Pantai Clungup, Kabupaten Malang. Gelaran ini, sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan, sehingga dapat mencegah terjadinya bencana alam dan abrasi, hingga menjaga ekosistem pantai.

Wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur terkenal dengan tujuan wisata alam berbasis pantai, dengan berbagai keindahannya. Namun, tak sedikit yang area pantainya terancam rusak, sehingga memerlukan perawatan khusus, agar tidak mendatangkan bencana.

Terkait hal itu, 115 mahasiswa dari tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Malang, yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (Genbi) menanam bibit mangrove di Pantai Clungup, Kabupaten Malang.

Genbi adalah kelompok mahasiswa yang mendapat beasiswa pendidikan dari Bank Indonesia Malang, yang selama ini terus diberdayakan. Aksi menanam mangrove, diharapkan bisa menjaga ekosistem pantai, sehingga pemanfaatan pantai tetap terjaga untuk generasi masa depan.

Di area pantai ini, banyak tanaman mangrove yang tidak terawat dan mati, sehingga diperlukan penanaman kembali. Jika hal ini tidak dilakukan maka kerusakan alam akan makin besar, dan apabila dikuasai oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka kawasan pantai bisa dialih fungsikan.

Ke depannya, kegiatan serupa dalam rangka menjaga ekosistem lingkungan khususnya di sejumlah pantai di Kabupaten Malang akan terus digencarkan, tak hanya mangrove, tapi sejumlah tanaman seperti bakau dan pohon cemara akan ditanam di area pantai untuk mencegah bencana banjir dan abrasi sedini mungkin. Demikian diberitakan program Fokus, 4 November 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 05 November 2019, 22:00 WIB

Video Terkait

Spotlights