VIDEO: Seorang PNS di Sidoarjo Koleksi Keris Sebagai Warisan Leluhur

VIDEO: Seorang PNS di Sidoarjo Koleksi Keris Sebagai Warisan Leluhur

Keris, salah satu warisan leluhur bangsa Indonesia, selain sebagai senjata, ternyata memiliki nilai dan filosofi pelajaran hidup yang tergambar dalam bilahnya. Keunikan dan makna tersebut banyak menarik seseorang untuk menjadi seorang kolektor keris.

Seperti seorang PNS asal Sidoarjo, Jawa Timur, tertarik mengoleksi keris, hingga 200 bahkan di antara koleksinya dibuat tahun 290 masehi. Berikut kita simak video liputannya pada Fokus.

Di rumahnya yang sederhana, kawasan perumahan di Jalan Lingkar Timur Sidoarjo, Muhammad Wildan, mengumpulkan ratusan keris. Koleksinya ini terdiri dari berbagai jenis keris, termasuk tahun pembuatan, hingga asal daerah. Mulai masa kerajaan di era Hindu-Budha, hingga Kesultanan Mataram Islam, dengan ciri khas masing-masing. Bahkan, di antaranya ada jenis keris yang disebut kadga atau kadgo. Sepintas yakni mirip pedang.

Diduga keris jenis kadga adalah satu di antara cikal bakal keris yang ada di Nusantara. Tak heran saat diuji di Badan Atom Nasional, gagang kayu kadga yang sudah memfosil, dideteksi terbuat tahun 290 masehi, jauh sebelum era kerajaan Majapahit.

Selain sebagai senjata, keris ternyata memiliki nilai filosofi tinggi. Keris dari era Kesultanan Mataram Islam ini terdapat lukisan pada bilahnya, yang disebut pamor udan emas. Pamor ini di antaranya memiliki ajaran, agar sukses, pemiliknya harus mau bekerja keras. Selain itu, harus punya kepekaan sosial tinggi, dengan gemar bersedekah. Ibarat turunnya udan emas, atau hujan emas, kepada mereka yang membutuhkan.

Dengan berbagai ajaran hidup yang terkandung dalam bilah keris, sudah selayaknya keris memiliki nilai budaya tinggi, dan bukan hanya sekadar dipandang sisi mistisnya.

Keris yang diakui UNESCO menjadi warisan budaya asli Indonesia, membuat Wildan yang juga seorang PNS di Pemkab Sidoarjo ini, semakin semangat mengoleksi keris.

Di samping untuk melestarikan budaya bangsa dengan menjaga benda warisan leluhur, diharapkan para pemerhati maupun generasi muda bisa mengambil pelajaran tingginya nilai budaya dan peradaban para leluhur bangsa.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 04 November 2019, 01:10 WIB

Video Terkait

Spotlights