VIDEO: Siswa di Surabaya Belajar Olah Makanan Sisa Jadi Santapan Lezat

VIDEO: Siswa di Surabaya Belajar Olah Makanan Sisa Jadi Santapan Lezat

Kulit kentang, dan pinggiran roti tawar yang biasanya dibuang. Ternyata bisa diolah menjadi aneka makanan daur ulang bergizi, nan lezat. Seperti crispy potato dan cake pop. Penasaran bagaimana cara mengolah makanan sisa tersebut....? berikut liputannya untuk Anda dan seperti yang tayang pada Liputan6, Rabu, 4 September 2019.

Mengolah makanan sisa dari kulit kentang, dan kulit roti tawar ini dilakukan siswa SMK Katolik Mater Amabilis di kawasan Jalan Teratai Tambak Sari Surabaya. Bahan sisa makan kulit kentang, dan kulit roti yang biasanya terbuang bisa menjadi kudapan lezat.

Selain mudah dalam mengolahnya, bahan makan ini juga mudah didapat. Tak hanya itu kulit kentang ternyata juga sehat karena mengandung kalium, baik untuk organ ginjal, dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk pencernaan.

Untuk membuat crispy potato, buat adonan tepung terigu diberi garam, merica bubuk, perasa balado, telur dan air secukupnya. Adonan ini digunakan untuk membalut kulit kentang. Caranya, masukkan kulit kentang dalam adonan. Setelah rata dilumuri adonan, lalu digoreng hingga kering dan matang.

Sementara itu, untuk membuat cake pop, sisa pinggiran irisan roti tawar, diberi buter, dan coklat cair. Semua bahan dicampur menjadi satu hingga bisa dibentuk menjadi bulatan. Agar lebih terlihat menarik, diberi aneka toping, kacang, dan coklat tabur berwarna-warni.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 05 September 2019, 23:17 WIB

Video Terkait

Spotlights