Pendopo dan Genteng Terancam diambil Pemda, Berapa sih Harga Rumah Joglo Anies Baswedan

Pendopo dan Genteng Terancam diambil Pemda, Berapa sih Harga Rumah Joglo Anies Baswedan

DREAM - Pernyataan Ahmad Dhani soal asal-muasal pendopo rumah Anies Baswedan tengah menjadi buah bibir. Pasalnya pentolan band Dewa 19 itu menyebut Pemerintah Kabupaten Ponorogo berniat untuk mengambil pendopo rumah Anies dalam kapasitas sebagai cagar budaya.

“Joglonya itu punyanya Kiai Hasan Besari. Anies Baswedan, itu kan rumah dia pakai joglo kan?” tutur Dhani, dikutip dari akun TikTok @ponorogomu, Selasa (16/4/2024).

“Ada desas-desus, Pemerintahan Ponorogo itu mau minta balik (pendopo rumah Anies Baswedan) atas nama cagar budaya,” sambungnya.

Dikutip dari kanal YouTube-nya, Anies menyebut bahwa joglo tersebut pertama kali dipasang atau dibangun pada tahun 1743. “Dulu ini kediaman Kiai Besari di Tegalsari, Ponorogo, yang pondoknya itu adalah salah satu pondok tertua di Jawa,” terang Anies.

“Kemudian ditemukan waktu sudah jadi bongkahan. Jadi bukan kayak saya beli joglo, enggak, udah dibongkar, kayu-kayunya mau dipakai untuk furniture,” lanjutnya.

Sayangnya tak terungkap berapa uang yang mesti digelontorkan Anies untuk membeli rumah joglo tersebut dari temannya. Namun lewat ceritanya di sejumlah kesempatan, Anies kerap menyebut rumah joglo itu diberikan atau dititipkan oleh sang teman kepadanya.

Namun yang pasti, mengutip LHKPN-nya per 30 September 2023, kediaman Anies yang berlokasi di Jakarta Selatan itu dilaporkan dengan harga Rp11,12 miliar. Disebutkan bahwa rumah dan tanah seluas 1.600-an meter persegi itu dibangun dengan hasil sendiri.

----

#dreamcoid #pendopo #terancam #pemda #harga #rumah #joglo #anies

MORE VIDEOS: https://www.dream.co.id/video/

Produced by https://www.dream.co.id

KLN Apps ► https://www.kln.id/apps/

----

Youtube ► / / @dreamdotcoid

Vidio ► https://www.vidio.com/@dreamid

Twitter ► / dreamcoid

Facebook ► / www.dream.co.id

Instagram ► / dreamcoid

Ringkasan

Oleh Idho Rahaldi pada 19 April 2024, 17:13 WIB

Video Terkait

Spotlights