Ziarah Kubur Doa-doa yang Diajarkan Rasulullah saat Mengunjungi Makam

Ziarah Kubur Doa-doa yang Diajarkan Rasulullah saat Mengunjungi Makam

DREAM - Salah satu tradisi yang dilakukan umat Muslim di Indonesia, baik menjelang Ramadan maupun menjelang Idul Fitri adalah ziarah kubur.Tradisi ziarah ke makam orang tua, keluarga, dan sanak saudara ini seolah sudah menjadi kewajiban, sehingga sudah menjadi pemandangan biasa bila melihat tempat pemakaman umum ramai dikunjungi peziarah di masa-masa tersebut.

Namun, bagaimana sebenarnya pandangan Islam mengenai tradisi ziarah kubur menjelang Ramadan dan menjelang Idul Fitri? Berikut penjelasannya seperti dilansir islam.nu.or.id.

Sempat dilarang, namun kemudian dianjurkan Rasulullah karena pada masa awal perkembangan agama Islam, Rasulullah SAW sesungguhnya melarang umat muslim untuk berziarah ke kuburan.

Adapun salam yang diajarkan Rasulullah ketika mengunjungi makam saat berziarah

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Artinya: Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

السَّلامُ على أهْلِ الدّيارِ مِنَ المُؤْمنينَ وَالمُسْلمينَ وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنْكُمْ وَمِنَّا وَالمُسْتأخِرِين وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّه بِكُمْ لاحِقُونَ

Artinya: Assalamu’alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan [yang telah mendahului dan akan menyusul] kami. Sesungguhnya kami insyaallah akan menyusul kalian.”

----

#dreamcoid #ziarah #kubur #makam #rasulullah #mengujungi #salam #doa

MORE VIDEOS: https://www.dream.co.id/video/

Produced by https://www.dream.co.id

KLN Apps ► https://www.kln.id/apps/

----

Youtube ► / / @dreamdotcoid

Vidio ► https://www.vidio.com/@dreamid

Twitter ► / dreamcoid

Facebook ► / www.dream.co.id

Instagram ► / dreamcoid

Ringkasan

Oleh Rahmat Nurjaman pada 12 April 2024, 11:02 WIB

Video Terkait

Spotlights