VIDEO: Tim Damkar Jember Temukan 9 Anak Ular Kobra Jawa di Komplek Perumahan

VIDEO: Tim Damkar Jember Temukan 9 Anak Ular Kobra Jawa di Komplek Perumahan

Menyusul temuan sembilan ekor anak ular kobra jawa di salah satu kompleks perumahan di Jember, Jawa Timur, petugas Pemadam Kebakaran, langsung menyisir di lokasi.

Petugas menemukan sisik ular kobra di sekitar semak-semak yang diyakini sebagai sarang indukan. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 18 November 2020.

Sebanyak tiga ekor ular kobra jawa ini berhasil ditangkap hidup-hidup, oleh warga Perumahan Graha Permata Indah, Kecamatan Sumbersari, Jember. Meski masih anakan, reptil berbisa ini sudah menunjukkan keganasannya, dengan menegakkan kepala dan mengembangkan lehernya.

Mendapat laporan warga, Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Jember, mendatangi lokasi dan menangkap tiga anakan ular kobra jawa. Petugas dibantu warga juga menyisir sekitar lokasi temuan anak ular kobra.

Petugas menemukan sisik kobra di sekitar semak-semak, yang diyakini sebagai sarang indukan. Namun hingga sore hari penyisiran dilakukan, indukan belum berhasil ditemukan. Petugas menduga, fenomena kemunculan reptil berbisa tersebut berkaitan dengan musim kawin.

"Ini sudah siklus tahunan, seperti tahun kemarin, jadi memang musim tetas sekarang , memang anak-anak kobranya mulai keliaran," ujar Sony Wicaksono, Petugas Damkar.

Dalam seminggu terakhir, warga setempat menemukan sembilan ekor anakan ular kobra jawa, yang sebagian besar dibunuh karena dianggap membahayakan.

Petugas mengamankan kobra yang ditangkap hidup-hidup, dan diserahkan kepada Balai Konservasi. Petugas mengimbau warga, rajin membersihkan rumah terutama di lingkungan yang lembab yang biasa menjadi habitat ular.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 November 2020, 17:27 WIB

Video Terkait

Spotlights