VIDEO: Silem Serang Memupuk Bibit Atlet Tinju di Dalam Gang Kota Depok

VIDEO: Silem Serang Memupuk Bibit Atlet Tinju di Dalam Gang Kota Depok

- Silem Serang, sosok petinju di Kota Depok, Jawa Barat, punya peran penting dalam melahirkan bibit-bibit atlet tinju masa depan. Pria asal Soe, Timur Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur itu memiliki sasana yang sederhana dengan lokasinya yang unik, yaitu di dalam sebuah gang di Kota Depok.

Silem Serang hingga kini masih berstatus sebagai petinju profesional. Berdasarkan catatan di Boxrec, dirinya terakhir kali bertanding pada November 2021. Silem mengalahkan Frengky Rohi dengan keputusan juri split decision.

Berbekal pengalamannya di dunia tinju dan mendapat ilmu-ilmu kepelatihan di Kota Depok, Silem mendirikan sebuah sasana tinju. Ia mendirikan sasana SAS Boxing Camp Kota Depok karena dirinya melihat bakat-bakat tinju yang terdapat di Depok dan sekitarnya. Berjalan sejak 2018, kegiatan di SAS mendapat dukungan dari warga sekitar, yang bertempat tinggal di Gang Mawar I, Sukamaju, Kecamatan Cilodong.

Apa kepanjangan dari SAS? Silem Serang menjelaskan arti kata-kata di balik singkatan tersebut. "Diambil dari kata 'Soe', asal daerah saya. Lalu, 'Amanatun' adalah salah satu suku yang terdapat di Kabupatan Timur Tengah Selatan. Jadi, saya ingin nama daerah saya ada di Kota Depok ini. Lalu, dibuatlah nama Silem Amanatun Soe Boxing Camp," ujar Silem kepada Bola.com.

Sasana SAS Boxing Camp berada di sebuah lapangan yang terletak di dalam gang. Meski dengan tempat yang sederhana, beberapa peralatan yang tersedia cukup memadai. Meski demikian, ring tinju yang terdapat di SAS Boxing Camp masih kurang layak, yaitu hanya memaksimalkan area di pojok lapangan dan membatasinya dengan tali tambang.

Meski sederhana, para anak didik dari Silem Serang tetapi mengikuti pelatihan dengan semangat. Semoga tentunya dari SAS Boxing Camp Kota Depok akan lahir atlet-atlet tinju yang bisa berprestasi hingga ke tingkat dunia.

Ringkasan

Oleh Abdul Aziz pada 06 February 2022, 15:08 WIB

Video Terkait

Spotlights