VIDEO: Bikin Bangga, Baju Tradisional Indonesia Curi Perhatian Saat Opening Ceremony Paralimpiade Tokyo 2020

VIDEO: Bikin Bangga, Baju Tradisional Indonesia Curi Perhatian Saat Opening Ceremony Paralimpiade Tokyo 2020

Paralimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka pada Selasa malam kemarin (24/8/21). Pada momen opening ceremony yang berlangsung di Nationa Stadium itu, kontingen Indonesia tampil elegan dan mewah dengan menggunakan pakaian-pakaian adat kebanggaan tanah air.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah busana perpaduan adat Sumatra yang digunakan oleh Hanik Puji Astuti, atlet para- menembak. Baju tradisional yang digunakan para atlet saat defile Paralimpiade Tokyo 2020 terkesan elegan. Hal itu terlihat dari perpaduan antara budaya tradisional dan modern.

Kostum yang dimodifikasi menunjukkan budaya dari Sumatra, Bali, Kalimantan, dan Papua. Baju defile para atlet ini merupakan karya perancang asal Solo, Rory Wardana Poesponingrat, yang mengambil tema "Ratna Mutu Manikam".

Selain Hanik Puji Astuti dengan busana adat Sumatra, atlet para-atletik, Jaenal Aripin terlihat gagah mengenakan baju adat khas Bali. Sementara itu dua pendamping yang mendorong kursi roda yakni Ajeng Widha Paramitha dan Purwo Adi Sanyoto juga terlihat keren dengan menggunakan pakaian adat khas Kalimantan dan Papua.

Selain para atlet terdapat juga rombongan kontigen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 yang ikut dalam defile. Mereka adalah Deputi Chef de Mission, Naek Parulian Washington, Wasekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto, dan Andar Perdana Widiastono (CLO).

Mereka kompak menggunakan jaket dengan motif batik hasil Rory Wardana Poesponingrat. Desain ini menggunakan mix and match yang sangat detail pada atribut dan aksesoris sebagai identitas bangsa berupa lambang Garuda Pancasila.

Ringkasan

Oleh Ade Yusuf Satria pada 25 August 2021, 10:23 WIB

Video Terkait

Spotlights