Ketatnya Proses Pemeriksaan Calon Petugas Sortir Surat Suara di KPUD Polewali Mandar

Ketatnya Proses Pemeriksaan Calon Petugas Sortir Surat Suara di KPUD Polewali Mandar

Ternyata tak mudah untuk lolos menjadi petugas sortir surat suara di kantor KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Warga yang mendaftarkan diri harus menjalani serangkaian proses pemeriksaan ketat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (1/4/2019), ketatnya pemeriksaan petugas pelipatan dan sortir surat suara Pemilu 2019 yang dilakukan KPUD Polewali Mandar ini terbilang cukup langka.

Puluhan aparat kepolisian dan petugas KPU memeriksa barang bawaan, seperti tas, kunci motor, saku celana, dompet hingga telepon genggam. Tak ketinggalan, kerapian kuku juga jadi perhatian petugas. Bila ditemukan kuku yang panjang langsung dipotong karena takut berpotensi merobek kertas suara selama proses pelipatan dan penyortiran berlangsung.

Sekitar 500 petugas sortir yang dikerahkan KPUD Polewali Mandar rencananya akan melakukan penyortiran selama 4 hari ke depan. KPU menargetkan seluruh dokumen pemilu rampung dan didistribusikan ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) paling lambat sehari menjelang hari H pemilu 17 April 2019 mendatang.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 01 April 2019, 13:18 WIB

Video Terkait

Spotlights