VIDEO: Jelang Peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama, Tetap Netral di Tahun Politik?

VIDEO: Jelang Peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama, Tetap Netral di Tahun Politik?

Nahdlatul Ulama akan memasuki usia 1 Abad dan puncak peringatannya akan digelar di GOR Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023. Bukan hanya sekedar perayaan, organisasi yang didirikan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 31 Januari 1926 itu tentu akan menjadi salah satu sorotan di tahun politik di Pemilu 2024.

Sebagai sebuah organisasi besar, NU memiliki kekuatan menggerakan massa, yang tentu saja berdampak pada suara bagi para calon yang mendekatinya.

Lihat saja, terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden yang menjabat sebagai Rais Aam PBNU, bisa jadi sebagai gambaran besar bahwa ada keterwakilan NU. Bahkan, hingga hari ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, juga tak mau melepas label NU di partainya.

Di luar itu ada nama-nama yang digadang-gadang jadi tokoh di Pemilu 2024, mendekati NU. Sebut saja Menteri BUMN Erick Thohir yang kini menjabat sebagai Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee) Peringatan satu abad NU, bahkan sudah menyandang Anggota Kehormatan Banser Ansor NU, diprediksi bisa mendapat dukungan dari para Nahdliyin.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia yang juga akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno memandang wajar jika banyak tokoh mendekati NU, karena organisasi tersebut memang paling berpengaruh bukan hanya soal politik elektoral, tapi juga soal politik kebangsaan.

Ringkasan

Oleh Krismas Wahyu Utami, Reza Rinaldi pada 01 February 2023, 12:19 WIB

Video Terkait

Spotlights