VIDEO BERANI BERUBAH: Menyulap Sampah Jadi Emas

VIDEO BERANI BERUBAH: Menyulap Sampah Jadi Emas

Berawal dari keinginan untuk berubah, warga Desa Grogol, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo memutuskan untuk menjalankan program bank sampah. Harapannya agar lingkungan sekitar menjadi semakin bersih, sekaligus mendapat keuntungan dari sampah yang sudah dikumpulkan.

Baru sebulan sejak program dijalankan, namun antusiasme warga sangatlah luar biasa. Ketua Bank Sampah, Yussi Wiyono menjelaskan, tak hanya warga desanya saja, namun warga dari perumahan sebelah juga ikut menyetor sampah.

Sedikit demi sedikit sampah ditabung hingga mendapat keuntungan. Nantinya, tabungan di bank sampah ini bisa ditukar dengan uang atau dengan mini gold, alias emas. Nasabahnya pun sudah mencapai 80 hingga 100 orang, tak termasuk nasabah baru yang belum sempat didata.

Selain itu, bank sampah ini juga menawarkan berbagai promo untuk nasabahnya. Dalam kondisi pandemi dimana banyak dari masyarakat yang kehilangan pekerjaan, Yussi dan para anggotanya berupaya keras agar bisa ikut meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ringkasan

Oleh Yoga Nugraha, Reza Rinaldi pada 07 March 2022, 06:00 WIB

Video Terkait

Spotlights