VIDEO: Napak Tilas Seroja, Bangkit di Tengah Duka

VIDEO: Napak Tilas Seroja, Bangkit di Tengah Duka

Awal April 2021, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan bencana yang melanda Nusa Tenggara Timur (NTT). Bumi Flobamora dihantam badai siklon tropis bernama Seroja yang memicu datangnya banjir bandang, longsor dan gelombang tinggi di kawasan NTT.

Badai seroja saat ini tercatat sebagai badai siklon tropis terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. Baik dari sisi korban jiwa maupun kerugian materi yang ditimbulkan sangat banyak. 182 orang dilaporkan meninggal, 47 orang hilang dan puluhan ribu warga terpaksa mengungsi. Rumah-rumah yang ditinggali rusak berat akibat hantaman longsor maupun banjir yang dibawa badai.

Namun dua bulan pasca bencana, masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya pesisir sudah mulai bangkit. Duka memang masih dirasakan, tapi kehidupan harus terus berjalan. Masyarakat kembali membangun rumahnya, pasar-pasar mulai menggeliat, pabrik kembali berproduksi, begitu pula dengan nelayan dan pembudidaya juga sudah kembali melaut.

Tim dokumenter Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan perjalanan ke Kupang, untuk mengupas kisah mereka yang menjadi saksi betapa dahsyatnya badai di tengah laut maupun di daratan. Untuk lebih lengkapnya, mari saksikan video Napak Tilas Seroja di tautan ini.

(*)

Ringkasan

Oleh nofie tessar pada 05 July 2021, 09:00 WIB

Video Terkait

Spotlights