Menanti Kiprah Menteri Termuda RI Nadiem Makarim

Menanti Kiprah Menteri Termuda RI Nadiem Makarim

Berusia 35 tahun, Nadiem Makarim menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (24/10/2019), tak hanya tantangan dalam mengemban tanggung jawab atas pendidikan jutaan anak di Indonesia, Nadiem juga harus membiasakan diri dengan protokoler sebagai menteri.

Antara lain, membiasakan diri menggunakan mobil dinasnya dengan plat nomor RI 27 dan memiliki ajudan.

Usai serah terima jabatan dari Muhadjir Effendi, Nadiem resmi memimpin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ia pun menyampaikan pidato perdananya.

"Maaf masih kaku, tadi saja langsung masuk mobil, keluar, bapak siapa? oh saya ajudan bapak, oh saya belum kenal ajudan saya sendiri, saya mohon maaf, saya dari sisi formalitas saya masih harus belajar, dari sisi protokoler masih harus belajar. Tapi kayanya secara konsisten itu tema hari ini memang belajar," ujar Nadiem Makarim.

Sebagai Mendikbud, Nadiem menyatakan akan menciptakan satu pendidikan berbasis kompetensi dan karakter. Namun, ia akan fokus mendengarkan aspirasi dan belajar dari pakar pendidikan terlebih dulu.

Bagaimana kiprah pendiri start up yang kini menjadi decacorn pertama di Indonesia ini memajukan pendidikan di Indonesia? Kita tunggu saja.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 24 October 2019, 16:28 WIB

Video Terkait

Spotlights