Puluhan Warga Jawa Timur di Wamena Kembali ke Kampung Halaman

Puluhan Warga Jawa Timur di Wamena Kembali ke Kampung Halaman

Puluhan pengungsi kerusuhan Wamena asal Jawa Timur kemarin tiba di Asrama Transito Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Jawa Timur di kawasan Jalan Margorejo, Surabaya.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (30/9/2019), puluhan pengungsi tiba setelah diangkut oleh pesawat hercules milik TNI yang mendarat di Semarang. Mereka berasal dari beberapa kabupaten kota yang ada di Jawa Timur.

Saat tiba di tempat penampungan di Asrama Transito Surabaya, para pengungsi mengaku bersyukur bisa selamat dari kerusuhan di Wamena, Papua.

"Jangankan sampai di Jawa, saya lepas keluar dari Wamena saja sudah bersyukur. Harta benda habis, (ke sini) tidak bawa apa-apa," ujar pengungsi asal Lumajang Ismail Kabar.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kemarin menemui 40 pengungsi korban kerusuhan di Wamena, Papua. Dalam kesempatan tersebut, Khofifah memberikan santunan serta bingkisan untuk bekal pulang ke kampung halaman.

Saat meninggalkan Wamena, para pengungsi tak sempat menyelamatkan harta bendanya dan hanya membawa pakaian yang melekat di badan.

Setelah dilakukan pendataan, para pengungsi ini difasilitasi Pemprov untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing seperti di Madura, Lumajang, dan Mojokerto.

Khofifah menyatakan, belum melakukan pendataan terkait berapa jumlah warga Jawa Timur yang saat ini berada di Wamena.

Saat ini, dua pesawat hercules sudah berangkat menuju Wamena untuk menjemput warga Jawa Timur yang saat ini sudah mengungsi di Bandara Wamena dan Jayapura.

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 30 September 2019, 09:41 WIB

Video Terkait

Spotlights