Ridwan Kamil Sebut Tangkuban Parahu Sudah Aman dan Bisa Dikunjungi

Ridwan Kamil Sebut Tangkuban Parahu Sudah Aman dan Bisa Dikunjungi

Gubernur Ridwan Kamil bersama rombongan tiba di lokasi wisata Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu, Senin sore, 29 Juli kemarin. Dia mengaku ingin mengetahui secara langsung kondisi lokasi wisata pascaletusan Jumat lalu.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (30/7/2019), lokasi sekitar kawah sudah mulai dibersihkan dari debu vulkanik yang sempat menyelimuti kawasan ini.

Setelah berkoordinasi dengan petugas di lapangan dan mendapat laporan lembaga terkait, Kang Emil menyatakan kondisi lokasi wisata kawah Tangkuban Parahu sudah aman dan bisa dikunjungi kembali.

Namun, pengelola wisata diminta menyiapkan langkah-langkah evakuasi jika aktivitas kawah kembali meningkat.

Secara resmi, lokasi wisata Tangkuban Parahu akan dibuka satu atau dua hari ke depan. Karena ada hal yang perlu dikaji bersama untuk merekomemdasikan lokasi wisata benar-benar pulih.

"Posisi hari ini sudah normal, tapi kewaspadaan harus tetap dijaga. Pengunjung sudah bisa datang, namun kesiapsiagaan harus tetap dijaga," kata Ridwan Kamil.

Sementara, pihak pengelola Tangkuban Parahu menyatakan akan berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk memutuskan kapan lokasi wisata akan dibuka secara resmi. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 30 July 2019, 07:57 WIB

Video Terkait

Spotlights