Kemenkumham dan Wali Kota Tangerang Sepakat Damai

Kemenkumham dan Wali Kota Tangerang Sepakat Damai

Mediasi antara Menkumham dan Wali Kota Tangerang digelar di Kantor Kemendagri, Jakarta. Pertemuan ini dinisiasi oleh Gubernur Banten serta Kemendagri.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (19/7/2019), dalam pertemuan ini dibahas masalah yang menjadi pemicu konflik antara Wali Kota Tangerang dan Menkumham. Kedua pihak kemudian menyampaikan argumen masing-masing dan kemudian disepakati untuk menyelesaikan dengan cara damai. Kedua pihak sepakat untuk mencabut laporannya ke polisi.

Selain itu, keduanya akan menyamakan persepsi soal tata ruang dan penerbitan izin bangunan milik lembaga pendidikan Kemenkumham. Kemenkumham juga akan menyerahkan aset pemkot untuk fasos fasum.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansah menegaskan akan mengikuti arahan Gubernur Banten termasuk soal penerbitan Izin Milik Bangunan (IMB). Sementara, fasilitas listrik dan air untuk gedung lembaga pendidikan Kemenkumham sudah dinyalakan.

Konflik Menteri Hukum dan HAM dengan Wali Kota Tangerang berawal saat Menteri Yasonna Laoly menyindir Arief yang tak menerbitkan IMB bangunan milik Kemenkumham. Sementara, Pemkot Tangerang menuding bangunan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Imigrasi di pusat Kota Tangerang yang tidak memiliki IMB. Aksi saling sindir tersebut berujung saling melapor ke polisi.

Gubernur Banten dan Kemendagri memediasi Kemenkumham dan Walkot Tangerang terkait perseteruan IMB bangunan Politeknik. Dalam pertemuan ini dibahas masalah pemicu konflik sehingga kedua pihak sepakat untuk berdamai.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 19 July 2019, 08:27 WIB

Video Terkait

Spotlights