Kecewa, Puluhan Siswa Siswi SMP di Depok Protes Sistem Zonasi

Kecewa, Puluhan Siswa Siswi SMP di Depok Protes Sistem Zonasi

Puluhan siswa-siswi SMP bersama sejumlah orangtua mendatangi kantor Wali Kota Depok untuk memprotes sistem penerimaan siswa baru.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (3/7/2019), mereka berorasi dan sambil membawa sejumlah poster yang berisi kekecewaan terhadap sistem zonasi.

Menurut mereka sistem zonasi sangat aneh dan tidak jelas, karena sejumlah siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah ternyata tidak diterima. Selain itu, banyak anak-anak kurang mampu yang terancam tidak mendapatkan sekolah.

Sementara itu, pendaftaran hari pertama SMA Negeri di Jakarta dari jalur non zonasi diserbu para siswa dari luar Jakarta, seperti nampak di SMAN 86 Salemba, Jakarta Pusat. Karena penerimaan siswa di DKI masih mempertimbangkan nilai UN.

Mereka rata-rata tidak diterima karena persoalan jarak dari sekolah. Salah seorang siswa mengaku rata-rata nilai ujian nasionalnya mencapai sembilan, sehingga sangat kecewa karena gagal saat mendaftar melalui sistem zonasi.

Sementara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengaku masih banyak menerika kritikan dan masukan soal sistem penerimaan siswa baru. Dia akan menjadikan semua masukkan tersebut sebagai bahan perbaikan ke depan.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 03 July 2019, 08:23 WIB

Video Terkait

Spotlights