Warga Jember Gelar Festival Kereta Sapi

Warga Jember Gelar Festival Kereta Sapi

Festival Pegon atau kereta sapi digelar warga Desa Sumberejo, Jember. Acara tersebut merupakan tradisi warga desa setempat di penghujung lebaran ketupat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (24/6/2019), puluhan pegon memenuhi jalan Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur.

Pegon dihias dengan hasil bumi berpawai menyusuri jalan-jalan desa. Festival pegon merupakan tradisi tahunan di penghujung lebaran ketupat. Tradisi itu menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Jember.

Pegon merupakan alat angkut tradisional, yang sehari-hari digunakan warga untuk mengangkut hasil tani maupun perkebunan. Setelah melewati jalan desa, iring-iringan pawai berakhir di kawasan pesisir selatan, tepatnya di Pantai Watu Ulo.

Selain sebagai penutup perayaan lebaran ketupat, festival juga digelar untuk melestarikan pegon yang terus meredup di tengah perkembangan teknologi transportasi modern. Festival Pegon ditutup dengan aksi berebut gunungan ketupat dan dilanjutkan dengan makan bersama di tepi pantai.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 24 June 2019, 08:14 WIB

Video Terkait

Spotlights