Harga Bawang Putih Naik, Pemerintah Pasok 150 Ton Bawang Impor

Harga Bawang Putih Naik, Pemerintah Pasok 150 Ton Bawang Impor

Pada hari kedua bulan Ramadan, harga sembako masih tergolong tinggi di Ibu Kota. Pasokan yang tak seimbang dengan permintaan yang tinggi menjadi faktor pemicu naiknya harga.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (7/5/2019), bawang putih dan cabai merah jadi komoditi harganya meningkat di Pasar Pulogadung, Jakarta Timur, dan Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Harga cabai kriting yang biasanya Rp 28 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Demikian juga dengan bawang putih dari Rp 28 ribu melonjak Rp 55 ribu.

Sementara di Pasar Senen cabai merah yang sebelumnya dijual Rp 23 ribu naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram dan bawang putih dipatok Rp 60 ribu dari sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Tjahja Widayanti mengungkapkan pasokan yang tak seimbang dengan permintaan yang tinggi menjadi faktor pemicu naiknya harga saat memasuki bulan Ramadan.

Menanggapi langkanya bawang putih di pasar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meninjau Pasar Induk Kramat Jati meyakinkan agar warga tidak perlu khawatir karena bawang putih telah kembali dipasok sebanyak 150 ton. Penambahan pasokan berdampak pada penurunan harga di tingkat pedagang.

"Yang penting pasokan suplai tersedia. Nanti malam dan besok akan datang lagi," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain memantau harga bawang putih, Anies Baswedan juga memeriksa ketersediaan bawang merah, minyak dan susu.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 07 May 2019, 12:16 WIB

Video Terkait

Spotlights