Sambut Datangnya Ramadan, Warga Ngawi Lakukan Tradisi Potong Rambut

Sambut Datangnya Ramadan, Warga Ngawi Lakukan Tradisi Potong Rambut

Menyambut datangnya bulan Ramadan, warga laki-laki di Desa Kedungputri, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, baik dewasa maupun anak-anak melakukan potong rambut bersama di halaman sebuah masjid desa.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (5/5/2019), kegiatan potong rambut bersama dan bersih-bersih masjid serta lingkungan jelang Ramadan merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan warga Desa Kedung Puri, Ngawi.

Sementara, bagi kaum perempuan melakukan kegiatan membersihkan masjid dan lingkungan.

"Setelah ini kita akan mandi untuk mensucikan diri serta warga untuk bergotong royong untuk membersihkan masjid," ucap warga bernama Bambang Suparyono.

Di Kota Tangerang, Banten, ratusan orang warga Babakan mengikuti tradisi mandi dan keramas massal di bantaran Sungai Cisadane. Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Dalam keramas massal ini, warga tidak menggunakan sampo buatan pabrik, tetapi menggunakan sampo tradisional dari merang atau batang padi yang sudah diinapkan selama tiga hari.

"Setiap tahun keramas massal ini tidak merasakan yang namanya gatel, kita selalu happy" jelas warga bernama Indah.

Tujuan kegiatan mandi dan keramas merang ini untuk membersih diri memasuki bulan Ramadan. Pemerintah Daerah Kota Tangerang akan terus melestarikan tradisi keramas massal ini karena sudah menjadi aset budaya untuk menarik wisatawan berkunjung ke Tangerang.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 05 May 2019, 08:06 WIB

Video Terkait

Spotlights