Hardiknas, Siswa SD di Grobogan Ujian Sekolah di tengah Banjir

Hardiknas, Siswa SD di Grobogan Ujian Sekolah di tengah Banjir

Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), para siswa SDN 1 Karanggeneng, Grobogan, Jawa Tengah, mengikuti ujian meski sekolah terendam banjir. Mereka terpaksa berdesakan di satu-satunya ruangan yang tidak tergenang. Sedangkan, siswa kelas VI di sejumlah SD di Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu, terpaksa tidak ujian karena sekolah tertimbun lumpur.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (3/5/2019), guyuran hujan sepanjang Rabu, 1 Mei 2019, menyisakan masalah bagi para siswa kelas VI SDN 1 Karanggeneng, Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah.

Banjir akibat luapan saluran irigasi itu tidak hanya merendam halaman sekolah, tetapi juga merendam seluruh ruang kelas, termasuk ruang ujian.

Namun, baik guru maupun para siswa tidak mau menyerah. Ujian tetap dilaksanakan, meski harus berdesakan di ruang perpustakaan. Para siswa tersebut mengerjakan soal ujian di satu-satunya tempat yang bebas dari jangkauan banjir.

Sementara di Bengkulu, lumpur tebal sisa banjir dan longsor, Sabtu, 27 April lalu, benar-benar melumpuhkan aktivitas sekolah. SDN 84 Pagar Dewa di Kecamatan Pondok Kelapa adalah salah satu yang tidak bisa menyelenggarakan kegiatan termasuk ujian bagi siswa kelas VI.

Dinas Pendidikan dan Olahraga setempat memutuskan, ujian akan dilaksanakan kemudian dengan meminjam ruangan di sekolah lain ataupun di rumah penduduk. Sementara menunggu jadwal pelaksanaan ujian, sejumlah sekolah yang terdampak banjir dan longsor mulai bangkit, yang diawali dengan membersihkan lumpur dari ruang kelas maupun ruang guru. (Galuh Garmabrata)

Ringkasan

Oleh Galuh Garmabrata pada 03 May 2019, 09:59 WIB

Video Terkait

Spotlights