Akhir Tahun, Jokowi Targetkan 99,9 Persen Listrik Sudah Masuk ke Rumah Warga

Oleh Liputan6.com pada 26 February 2019, 08:22 WIB

Setibanya di Bandara Tunggul Wulung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung bertolak ke proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Cilacap.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (26/2/2019), ditemani Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Dirut PLN Sofyan Basir, Jokowi mendengarkan pemaparan dari direksi PLN mengenai PLTU ekspansi tahap 1 yang bertenaga 660 megawatt.

Presiden kemudian meresmikan PLTU Cilacap yang akan digunakan untuk menghidupkan listrik di Jawa dan Bali dengan estimasi menambah 682 ribu pelanggan baru.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah menargetkan akhir tahun ini, 99,9 persen pasokan listrik dapat dinikmati seluruh rakyat di seluruh pelosok negeri.

"Sekarang ini sudah 98,2 listrik di Indonesia sudah masuk ke rumah-rumah di desa yang terpencil. Janjinya Pak Menteri ESDM, akhir tahun ini 99,9 persen harus sudah masuk ke semua rumah tangga di Tanah Air," kata Joko Widodo.

Pengerjaan proyek PLTU Cilacap masih akan terus ditambah dengan target ekspansi mencapai 1.000 megawatt. Total investasi sebesar $ 1.4 miliar di PLTU ini, diharapkan bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 4.200 orang. (Rio Audhitama Sihombing)

SHARE

Video Terkait