Pasien DBD di RSUD Surabaya Jadi 32 Orang, Sebagian Besar Anak-Anak

Pasien DBD di RSUD Surabaya Jadi 32 Orang, Sebagian Besar Anak-Anak

Peningkatan pasien demam berdarah dengue (DBD) terus terjadi di Surabaya, Jawa Timur. Jumlah pasien yang dirawat di RSUD Dokter Soetomo mencapai puluhan pasien.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (6/2/2019), penderita DBD di RSUD Dokter Soetomo mencapai 32 orang. Sebagian besar penderita adalah anak-anak usia 5 hingga 14 tahun.

Penanganan serius kini tengah dilakukan tim medis untuk mencegah pasien mengalami dengue shock syndrom. Berdasarkan data RSUD Dokter Soetomo, penderita DBD yang meninggal berjumlah tiga orang karena kondisinya yang telah memburuk saat tiba di IGD.

"Pasien naik terus terutama untuk usai lima sampai 14 tahun ya. Sekarang ada 32 pasien yang dirawat," ujar Dirut RSUD Dokter Soetomo Joni Wahyudi.

Peningkatan penderita DBD juga terjadi di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Sebagian besar pasien yang menjalani perawatan di RSUD Lanto Daeng Pasewang adalah anak-anak. Dari puluhan pasien yang dirawat, lima di antaranya telah dinyatakan positif DBD. Sementara, yang lainnya baru terduga DBD.

Di Tasikmalaya, Jawa Barat, seorang penderita DBD meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di RSUD Dokter Soetomo. Oleh keluarga, jenazah ibu rumah tangga tersebut langsung dimakamkan. (Karlina Sintia Dewi)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 06 February 2019, 17:13 WIB

Video Terkait

Spotlights