Kasus DBD di Jakarta Timur Meningkat  3 Kali Lipat

Kasus DBD di Jakarta Timur Meningkat 3 Kali Lipat

Di wilayah Jakarta Timur, kasus demam berdarah dengue (DBD) mengalami peningkatan hingga hampir 3 kali lipat di banding tahun sebelumnya. Hingga bulan Januari, tercatat 176 pasien di Jakarta Timur menderita DBD. Sementara, di Jakarta Selatan jumlahnya mencapai 242 pasien.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (29/1/2019), para pasien berasal dari berbagai kecamatan di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Untuk menangani kasus DBD, Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai tindakan pencegehan termasuk mengajak masyarat menjaga kebersihan lingkungan untuk memberantas nyamuk. Pasalnya, demam berdarah telah endemis di seluruh daerah.

Hingga 28 Januari, jumlah pasien DBD di 34 provinsi di Indonesia mencapai lebih dari 12 ribu orang dan 115 orang meninggal dunia. Provinsi yang memiliki trend tinggi kasus DBD adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTT, Sulawesi Utara, dan Lampung.

Sementara, sejumlah daerah yang ditetapkan sebagai kejadian luar biasa adalah Kabupaten Kapuas, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kabupaten Manggarai Barat, dan Provinsi Sulawesi Utara. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 29 January 2019, 13:13 WIB

Video Terkait

Spotlights