6 Panelis Sepakat Ajukan 20 Pertanyaan dalam Debat Capres 17 Januari

6 Panelis Sepakat Ajukan 20 Pertanyaan dalam Debat Capres 17 Januari

Enam tokoh yang telah ditunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai panelis debat perdana calon presiden telah merumuskan 20 pertanyaan yang akan menjadi topik debat nanti.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (6/1/2019), setelah melaksanakan rapat tertutup pada Minggu pagi, keenam panelis yakni Hikmahanto Juwana, Bagir Manan, Margarito Kamis, Ahmad Taufan Damanik, Bivistri Susanti, dan Agus Rahardjo telah menyepakati 20 pertanyaan yang akan diajukan pada debat 17 Januari mendatang.

Bivitri Susanti yang turut menjadi salah satu panelis sebagai ahli tata negara menjelaskan, bahwa langkah teknis selanjutnya adalah menyerahkan pertanyaan-pertanyaan tersebut kepada KPU dan melakukan pertemuan dengan moderator.

Nantinya pertanyaan akan diberikan kepada kedua pasangan calon pada 10 Januari untuk dipelajari. Topik yang dibahas antara lain seputar isu hukum, Hak Asasi Manusia atau HAM, Korupsi, dan Terorisme. Pada hari debat berlangsung, KPU akan mengundi tiga dari 20 pertanyaan yang akan menjadi pertanyaan debat.

"Mewakili KPK dan Komnas HAM, tentu saja mereka akan mengonfimasi ke komisioner lembaga masing-masing, ini sifatnya tidak kelembagaan karena mekanismenya seperti itu," ucap Ahli Tata Negara Bivitri Susanti. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh Muhammad Ali pada 06 January 2019, 09:04 WIB

Video Terkait

Spotlights