Momen Bersejarah Indonesia Kuasai Saham Freeport

Momen Bersejarah Indonesia Kuasai Saham Freeport

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan pengambilalihan 51 persen saham PT Freeport Indonesia di Istana Merdeka, Jumat kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (22/12/2018), menurut Jokowi, momen ini merupakan peristiwa bersejarah setelah sejak tahun 1973 beroperasi di Indonesia akhirnya saham PT Freeport Indonesia mayoritas dikuasai indonesia.

Dari 51 persen saham tersebut sebanyak 41 persen dikuasai PT Indonesia Asahan Alumunium atau Inalum, 3 persen milik Pemerintah Provinsi Papua dan 7 persen Pemerintah Kabupaten Mimika.

Indonesia mengakuisisi saham Freeport melalui dengan nilai mencapai 3,85 miliar dolar Amerika Serikat atau setara Rp 55,8 triliun.

"Ini merupakan momen yang bersejarah dan kepemilikan mayoritas ini akan kita gunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat," ujar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dengan akuisisi tersebut, Indonesia memiliki kendali atas cadangan terbukti dan terkira emas, perak, dan tembaga di lapangan PT Freeport Indonesia yang bernilai Rp 2.400 triliun. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh hendry pada 22 December 2018, 07:57 WIB

Video Terkait

Spotlights