Quraish Shihab: Kesetiaan yang Dipegang Teguh akan Menghindarkan dari Khianat

Quraish Shihab: Kesetiaan yang Dipegang Teguh akan Menghindarkan dari Khianat

Saudara pemirsa Mutiara Hati, kesetiaan adalah keteguhan hati memelihara komitmen. Komitmen itu beragam, bukan saja terhadap Tuhan dan sesama manusia. Akantetapi juga terhadap binatang.

Dan untuk yang sesama manusia bukan saja yang sesama agama, melainkan juga untuk yang berbeda agama. Kesetiaan memelihara suatu rahasia adalah juga merupakan bagian dari komitmen.

Yangmana itu semua lahir dari sebuah janji, baik yang diucapkan dengan jelas maupun dalam bentuk keadaan tertentu yang dipahami darinya merupakan komitmen.

Orang bijak berpesan, kurangilah janji. Semakin banyak janji, maka akan semakin berat kesetiaan. Dan antonim kesetiaan adalah khianat. Jangan melakukan pengkhianatan.

Pengkhianatan bermacam-macam, akantetapi kendati demikian semua bahasa dan suku bangsa menilai pengkhianatan adalah sesuatu yang buruk. Walaupun yang menilainya tidak berakhlak. Oleh karena itu, kesetiaan sebagaimana halnya penghormatan kepada ibu dan bapak. Ada dua hal yang disepakati keharusannya oleh semua manusia sepanjang sejarah kemanusiaan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 29 April 2023, 14:05 WIB

Video Terkait

Spotlights