Quraish Shihab: Pandai-pandailah dalam Memilih Ilmu agar Tidak Keliru

Quraish Shihab: Pandai-pandailah dalam Memilih Ilmu agar Tidak Keliru

Saudara para pemirsa Mutiara Hati, semua manusia lahir tanpa tahu, akan tetapi dianugerahi alat-alat oleh Allah SWT untuk menjadi tahu. Pendengaran, penglihatan, akal dan kalbu. Gunakanlah masing-masing sesuai fungsinya.

Jangan gunakan mata untuk mendengar dan jangan pula gunakan telinga untuk melihat. Setiap objek ada cara pendekatannya, apabila keliru, maka akan keliru pula hasilnya.

Dan ketahuilah, bahwa ilmu adalah samudera yang tidak bertepi, maka pandai-pandailah memilih ilmu yang paling perlu Anda ketahui. Dan ketahuilah bahwa yang paling perlu itu adalah yang tidak menjadi baik aktivitas Anda, kecuali dengannya.

Aktivitas yang paling perlu adalah aktivitas yang dituntut tanggung jawabnya dari Anda. Di atas segala yang berilmu, ada yang melebihinya, oleh karena itu jangan menuntut pengetahuan yang tak merugikan bila tak mengetahuinya dan jangan juga mengabaikan yang menjadikan pengabaiannya menambah kebodohan, bukan sekedar pengetahuan yang dinamai ilmu. Tetapi, ilmu adalah cahaya yang ditampakkan Allah swt ke dalam hati siapa yang dikehendaki-Nya. Demikian kajian singkat Prof. Quraish Shihab.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 26 April 2023, 12:00 WIB

Video Terkait

Spotlights