Quraish Shihab: Iqra Bismi Rabbika, Lakukan Segala Aktivitas karena Allah

Quraish Shihab: Iqra Bismi Rabbika, Lakukan Segala Aktivitas karena Allah

Saudara pemirsa Mutiara Hati, ketika Allah swt memerintahkan Iqra Bismi Rabbika, maka itu adalah perintah melakukan aneka aktivitas demi karena Allah, bukan hanya terbatas ketika membaca.

Dan ketika turun firman-Nya, wa la ta'kulu mimma lam yuzkarismullahi 'alaihi, janganlah makan sembelihan yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Maka itu adalah perintah untuk tidak meninggalkan sesuatu, kecuali karena Allah.

Allah swt adalah tujuan terakhir, wa anna ila rabbikal-muntaha. Oleh karena itu, menjadi kewajiban setiap yang arif merujuk ke tempat tujuan. Menjadikan jelas sarana dan faktor sebab akibat dari segala sesuatu agar dapat digunakannya untuk mencapai tujuan.

Para cendekia tidak terpuji, kecuali karena kemahiran mereka menelaah dan memastikan proses pencapaian sesuatu, serta memprediksi akibat dampak-dampaknya. Kalau baru mengetahui akibat dan dampak sesuatu pada saat terjadinya, maka ketika itu yang cendekia sama saja dengan yang bodoh. Demikian tausiah singkat dari Prof. Dr. Quraish Shihab.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 April 2023, 15:40 WIB

Video Terkait

Spotlights