Quraish Shihab: Dengan Puasa Kita Sedang Memintal Pakaian Takwa

Quraish Shihab: Dengan Puasa Kita Sedang Memintal Pakaian Takwa

Pada Mutiara Hati ini, Prof. Dr. Quraish Shihab akan memberikan tausiyahnya mengenai pakaian takwa, yangmana Beliau menyampaikan dengan berpuasa kita memintal pakaian takwa. Memang ada dua macam pakaian, pakaian lahir dan batin, jasmani dan rohani. Untuk yang rohani dinamai Allah swt oleh libasut taqwa. Benang-benangnya adalah ilmu dan iman, sabar dan syukur, takut dan harapan, usaha dan tawakal, serta perjuangan dan optimisme.

Adapun pakaian rohani, Quraish Shihab menjelaskan bagaimana halnya pakaian jasmani yang berfungsi memelihara pemakainya dari sengatan cuaca panas dan dingin, kondisi pahit dan manis, agar tidak menyengat pakaiannya.

Fungsi kedua pakaian itu menutupi keburukan lahir dan batin. Sebagaimana diharapkan membedakan aneka profesi oleh pakaian lahir dan aneka sifat buruk manusia oleh pakaian batin. Sekaligus menjadi hiasan pemakainya.

Saudara, di bulan Ramadan ini kita sedang memintal pakaian takwa. Allah swt berfirman Janganlah menjadi seorang perempuan yang gila dalam cerita lama, merombak kembali tenunannya sehelai benang demi sehelai, setelah ditenunnya, demikian dikutip dari Surah An-Nahl ayat 92.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 April 2023, 12:00 WIB

Video Terkait

Spotlights