VIDEO: STY Beberkan Alasan Mainkan Wahyu Prasetyo dan Pratama Arhan di Sisi Sayap Timnas Indonesia

VIDEO: STY Beberkan Alasan Mainkan Wahyu Prasetyo dan Pratama Arhan di Sisi Sayap Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membongkar alasan memainkan Pratama Arhan sebagai winger ketika berhadapan dengan Timnas Australia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 kontra Australia dalam matchday kedua Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024) malam WIB.

Shin Tae-yong baru menurunkan Arhan di babak kedua. Pemain berusia 22 tahun itu masuk untuk menggantikan Marselino Ferdinan pada menit ke-80.

Ketika berada di lapangan, Arhan bermain sebagai winger kiri. Padahal, posisi aslinya adalah fullback kiri. Namun, ia juga dapat dimainkan menjadi wingback kiri.

"Memang sebagai pelatih, setiap saat harus mengambil keputusan dengan cepat bagaimana mengantisipasi situasi seperti ini," ujar Shin Tae-yong.

Selain itu, Shin Tae-yong juga berharap lemparan jauh yang menjadi senjata maut Arhan, dapat membahayakan gawang lawan.

"Untuk Arhan, saya pikir bagaimana kami bisa melakukan serangan balik setelah sebelumnya kami bertahan. Saya pikir kami juga bisa memanfaatkan lemparan ke dalam yang jauh dari Arhan," ucapnya.

Shin Tae-yong juga menurunkan Wahyu Prasetyo pada menit ke-86 untuk menggantikan Sandy Walsh menjadi wingback kanan Timnas Indonesia daripada Asnawi Mangkualam.

"Saya memilih Wahyu daripada Asnawi karena saya memilih untuk bermain lebih bertahan. Memang setiap saat saya harus mengambil keputusan tepat terkait taktik seiring berubahnya situasi," ungkap Shin Tae-yong.

Bagaimanapun caranya, keputusan Shin Tae-yong dalam menentukan pergantian pemain sudah dipikirkan matang-matang. Hasilnya Timnas Indonesia berhasil meangkiri laga tanpa kebobolan.

Ringkasan

Oleh Abdul Aziz pada 10 September 2024, 23:54 WIB

Video Terkait

Spotlights